Daftar Kesalahan Ketika Membeli Asuransi Jiwa, Nomor Tiga Menohok

Daftar Kesalahan Ketika Membeli Asuransi Jiwa, Nomor Tiga Menohok!

Asuransi jiwa merupakan salah satu elemen terpenting dalam perencanaan keuangan seseorang. Namun, ada banyak kesalahpahaman mengenai asuransi jiwa, terutama karena cara produk asuransi jiwa telah dipasarkan selama bertahun-tahun.

Inilah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari pembeli asuransi saat membeli polis asuransi:

Asuransi Untuk Tujuan Perencanaan Pajak

Selama bertahun-tahun, agen telah membujuk klien untuk membeli paket asuransi untuk menghemat pajak berdasarkan Bagian 80C dari Undang-Undang Pajak Penghasilan.

Investor perlu memahami bahwa asuransi mungkin merupakan investasi terburuk untuk menghemat pajak. Pendapatan rencana asuransi berkisar antara 5-6%, sementara investasi 80C lainnya, Dana Cadangan Negara, menghasilkan sekitar 9% pendapatan bebas risiko dan bebas pajak.

Investasi 80C lainnya, skema tabungan terkait ekuitas, menghasilkan pengembalian bebas pajak yang jauh lebih tinggi dalam jangka panjang.

Selain itu, pendapatan dari rencana asuransi tidak sepenuhnya bebas pajak. Jika premi melebihi 20% dari jumlah asuransi, penghasilan yang dibayarkan akan dikenakan pajak.

Seperti disebutkan sebelumnya, hal terpenting yang perlu diperhatikan tentang asuransi jiwa adalah tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa, bukan untuk menghasilkan tingkat pengembalian investasi tertinggi.

Meremehkan Klaim Asuransi

Daftar Kesalahan Ketika Membeli Asuransi Jiwa, Nomor Tiga Menohok
sumber: qoala.com

Banyak pembeli asuransi memilih pertanggungan atau coverage berdasarkan rencana yang ingin mereka jual dan premi yang dapat mereka bayarkan.

Ini adalah pendekatan yang salah. Persyaratan asuransi Anda tergantung pada situasi keuangan Anda dan tidak ada hubungannya dengan produk apa yang tersedia.

Banyak pembeli asuransi menggunakan aturan praktis seperti pendapatan tahunan 10 kali lipat untuk pertanggungan.

Beberapa penasihat keuangan mengatakan bahwa 10 kali pendapatan tahunan Anda dapat diterima, karena itu akan memberi keluarga Anda pendapatan 10 tahun ketika Anda pergi.

Namun, ini tidak selalu terjadi. Katakanlah Anda memiliki hipotek atau hipotek 20 tahun. Bagaimana keluarga Anda akan membayar EMI 10 tahun setelah sebagian besar pinjaman masih belum dilunasi? Misalkan Anda memiliki anak yang sangat kecil.

BACA JUGA  Asuransi Mobil Murah: TLO Atau All Risk Pilih Yang Mana?

Saat anak Anda sangat membutuhkannya, misalnya, keluarga Anda kehabisan pendapatan. Untuk pendidikan tinggi mereka.

Pembeli asuransi harus mempertimbangkan beberapa faktor ketika memutuskan asuransi mana yang tepat untuk mereka. Pelunasan semua hutang (hipotek, kredit mobil, dan lainnya.) dari pemegang polis:

  • Setelah hutang dilunasi, kelebihan dana dalam jumlah yang ditanggung atau dijamin diperlukan untuk menghasilkan pendapatan bulanan yang cukup untuk menutupi semua biaya hidup tanggungan pemegang polis, disesuaikan dengan inflasi.
  • Setelah melunasi hutang dan pendapatan bulanan, jumlah jaminan harus cukup untuk memenuhi kewajiban tertanggung di masa depan, seperti pendidikan anak dan pernikahan.

Asuransi Adalah Peristiwa Satu Kali

Jika Anda membeli cakupan yang tepat untuk rencana asuransi jiwa yang baik dari perusahaan terkemuka, mereka menganggap bahwa kebutuhan asuransi jiwa Anda akan terpenuhi selamanya.

Ini adalah kesalahan. Posisi keuangan perusahaan asuransi berubah dari waktu ke waktu. Bandingkan penghasilan Anda saat ini dengan penghasilan Anda 10 tahun yang lalu.

Apakah penghasilan Anda meningkat? Gaya hidup Anda juga akan meningkat secara signifikan. Jika Anda membeli paket asuransi jiwa 10 tahun yang lalu, berdasarkan penghasilan Anda saat itu, sayangnya, jika terjadi kematian dini, jumlah yang dijamin akan sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan keluarga Anda saat ini.

Oleh karena itu, Anda perlu membeli asuransi jiwa berjangka tambahan untuk menutupi risiko ini. Kebutuhan akan asuransi jiwa perlu dinilai kembali secara teratur, dan jumlah tambahan yang dijamin harus dibeli sesuai kebutuhan.

BACA JUGA  Hal - Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Untuk Klaim Asuransi

Pilih Kebijakan Termurah

Banyak pembeli polis asuransi lebih memilih untuk membeli asuransi yang lebih murah. Ini juga kesalahan serius.

Asuransi murah tidak baik jika perusahaan asuransi tidak dapat memenuhi persyaratan jika terjadi kematian dini karena alasan tertentu.

Kalaupun penanggung memenuhi klaim, jika membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya, tentu hal ini merupakan keadaan yang tidak diinginkan bagi keluarga tertanggung.

Persyaratan berbagai perusahaan asuransi jiwa untuk memilih perusahaan asuransi yang wajib memenuhi klaim Anda tepat waktu jika terjadi situasi yang merugikan.

Data tentang indikator-indikator ini untuk semua perusahaan asuransi tersedia di Laporan Tahunan IRDA (situs web IRDA). Anda juga harus meninjau ulasan penagihan online sebelum memilih perusahaan dengan pengalaman penagihan yang luas.

Perlakukan Asuransi Jiwa Seperti Investasi Dan Belilah Rencana Yang Tepat

Kesalahpahaman umum tentang asuransi jiwa adalah bahwa itu juga merupakan solusi investasi atau rencana pensiun yang baik.

Kesalahpahaman ini terutama disebabkan oleh kenyataan bahwa beberapa agen asuransi lebih memilih untuk menjual asuransi mahal untuk menerima komisi yang tinggi.

Membandingkan hasil asuransi jiwa dengan pilihan investasi lain tidak masuk akal sebagai investasi. Jika Anda seorang investor muda untuk waktu yang lama, ekuitas adalah cara terbaik untuk menciptakan kekayaan.

Selama periode 20 tahun, berinvestasi dalam dana ekuitas melalui SIP akan setidaknya 3 atau 4 kali jatuh tempo dari rencana asuransi jiwa 20 tahun untuk investasi yang sama.

Asuransi jiwa harus selalu dilihat sebagai perlindungan bagi keluarga Anda jika terjadi kematian sebelum waktunya. Investasi harus menjadi pertimbangan yang benar-benar terpisah.

Penanggung memasarkan Unit Link Insurance Plan (ULIP) sebagai produk investasi yang menarik, tetapi untuk tujuan mereka sendiri, mereka memisahkan komponen asuransi dan investasi dan berapa banyak premi yang sebenarnya dialokasikan untuk investasi bisa lakukan. Pada hari-hari awal kebijakan ULIP, sangat sedikit yang digunakan untuk membeli unit.

BACA JUGA  Pentingnya Asuransi Kesehatan Di Masa Kini Untuk Perlindungan Diri Dan Masyarakat

Seorang perencana keuangan yang baik akan selalu menyarankan Anda untuk membeli rencana asuransi jiwa berjangka.

Asuransi jiwa berjangka adalah bentuk asuransi yang paling murni dan merupakan polis perlindungan yang sederhana.

Premi asuransi berjangka tetap jauh lebih rendah daripada jenis rencana asuransi lainnya dan pemegang polis memiliki surplus investasi yang jauh lebih besar untuk diinvestasikan dalam produk investasi seperti reksa dana, yang menghasilkan pengembalian yang jauh lebih tinggi dalam jangka panjang.

Donasi atau rencana pengembalian. Jika Anda memiliki asuransi jiwa berjangka, Anda dapat memilih jenis asuransi lain (ULIP, dana, rencana pengembalian, dan lainnya.) dalam keadaan tertentu, selain asuransi jiwa berjangka, tergantung pada kebutuhan keuangan spesifik Anda.

Pembatalan Dini Polis Asuransi Jiwa

Ini adalah kesalahan serius yang akan membahayakan keamanan finansial keluarga jika terjadi kecelakaan. Jangan sentuh asuransi jiwa sampai tertanggung meninggal dunia.

Beberapa pemegang polis ingin melepaskan polis mereka untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka yang mendesak dan membeli yang baru ketika situasi keuangan mereka membaik.

Pemegang polis semacam itu harus mengingat dua hal. Pertama, kematian tidak dikendalikan oleh siapa pun. Itu sebabnya Anda membeli asuransi jiwa di tempat pertama.

Kedua, asuransi jiwa menjadi sangat mahal seiring bertambahnya usia pembeli asuransi. Rencana keuangan Anda harus mencakup ketentuan untuk menutupi pengeluaran tak terduga dan mendesak atau untuk menyediakan likuiditas untuk jangka waktu tertentu jika terjadi kesulitan keuangan.