Ini Proses Klaim Asuransi Jiwa Diperusahaan Dan Dokumen Yang Perlu Disiapkan

Ini Proses Klaim Asuransi Jiwa Diperusahaan Dan Dokumen Yang Perlu Disiapkan

Banyak yang menanyakan bagaimana proses klaim asuransi jiwa (kematian) diperusahaan, sulit atau mudah? sebetulnya ini ialah pertanyaan yang mudah – mudah sulit buat dijawab, mengapa begitu? karena sebetulnya nasabah lah yang tentukan klaim itu jadi mudah atau sulit.

Sebelumnya kita harus ketahui apa hal yang penting dilihat oleh perusahaan asuransi pada klaim yang kita sampaikan, pada umumnya perusahaan akan menyaksikan dari lama waktunya kontrak polis sampai berlangsungnya risiko kematian, yakni:

  • Contestable Period atau polis masih juga dalam periode pecobaan. Jika klaim disodorkan dan polis belum juga melalui periode 2 (dua) tahun, karena itu akan dilaksanakan pencarian selanjutnya.
  • Non Contestable Period atau polis tidak kembali pada periode eksperimen polis. Untuk polis yang telah berumur lebih dari 2 (dua) tahun, sesudah semua document (komplet) diterima, karena itu klaim langsung akan dibayar tanpa lewat pencarian selanjutnya.
BACA JUGA  Daftar Kesalahan Ketika Membeli Asuransi Jiwa, Nomor Tiga Menohok!
Ini Proses Klaim Asuransi Jiwa Diperusahaan Dan Dokumen Yang Perlu Disiapkan
sumber: kompas.com

Untuk klaim-klaim yang membutuhkan pencarian selanjutnya, dimohon kerja sama dan kesabaran dari faksi yang ajukan klaim.

Karena ada berbagai proses dan prosedur yang harus dilewati, sesuai dengan peraturan – peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Berikut sejumlah panduan, untuk memudahkan kita ajukan klaim Asuransi Jiwa, mudah-mudahan menolong:

  • Untuk anda yang ingin ajukan klaim asuransi dapat segera mendapat formulir klaim di kantor asuransi paling dekat atau lewat website sah perusahaan asuransi jiwa atau lewat agent Anda.
  • Sesudah Anda mendapat formulir, isi formulir dengan beberapa data yang diperlukan. Yakinkan beberapa data anda komplet untuk kelancaran proses klaim anda. Formulir Surat Info Dokter harus diisikan oleh dokter atau faksi yang menjaga Tertanggung
  • Kemudian balikkan formulir dan semua document yang dipersyaratkan ke kantor pusat atau cabang perusahaan asuransi jiwa paling dekat, pengangkutan bisa dilaksanakan lewat pos, agent atau antara langsung, ingat selalu meminta pertanda terima dari karyawan yang bekerja terima document, bila dikirimkan lewat pos seharusnya resi pengangkutan diletakkan dan sesudah dua hari selanjutnya difollow up ke perusahaan untuk bertanya apa kiriman telah diterima dengan komplet, tulis nama dan tanggal konfrirmasi.
  • Umumnya sesudah document komplet Departement Claim mulai akan mengolah semua permintaan pengajuan klaim, untuk permintaan klaim asuransi umumnya memerlukan waktu 3 – 14 hari kerja bergantung peraturan masing-masing perusahaan. Waktu pemrosesan dapat memerlukan waktu lebih bila membutuhkan pencarian selanjutnya.
  • Sesudah permintaan disepakati, karena itu dana klaim anda akan di transfer ke rekening yang berkaitan umumnya pewaris yang dipilih oleh mendiang tertanggung, terkecuali ada surat kuasa tertentu dari pewaris yang mengatakan lain.
BACA JUGA  Asuransi Mobil Aca Untuk Pelindungan Maksimal Mobil Anda

Kembali panduan penting buat anda yang baru ingin beli asuransi jiwa :

  • Saat sebelum tanda-tangani Surat Keinginan Asuransi Jiwa anda sebaiknya membaca dengan cermat dan cermat semua isian dalam Surat Keinginan Asuransi Jiwa sudahkah komplet dan betul sesuai bukti yang ada.
  • Kelengkapan dan kebenaran jawaban dalam SPA akan berperanan dalam keputusan yang hendak diambil atas klaim yang disodorkan dan tentukan cepat atau lambannya proses klaim.