Pilih Sekuritas Offline Atau Online Ini Kelebihan Dan Hal Yang Perlu Anda Simak Terlebih Dahulu

Pilih Sekuritas Offline Atau Online? Ini Kelebihan Dan Hal Yang Perlu Anda Simak Terlebih Dahulu

Bila Anda ingin buka rekening untuk berbisnis di Bursa Efek Indonesia, langkah yang paling mudah dan cepat ialah ke sekuritas.

Ada banyak sekuritas di Indonesia, baik yang offline atau yang online. Apa kekurangan dan keunggulannya masing-masing?

Tetapi saat sebelum Anda pilih sekuritas, Anda perlu memerhatikan tiga hal ini:

  • Anda mendapatkan rekomendasi dari rekan/kenalan yang dapat dipercayai, yang berbisnis di sana
  • Trek record yang bagus dari sekuritas bersangkutan
  • Servis yang cepat dan maksimal kepada customer

Ada dua jenis sekuritas yang tersedia saat ini, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan investasi Anda. Dua jenis sekuritas itu diantaranya, sekuritas online dan sekuritas offline.

Dibawah ini ada penjelasan dari masing – masing sekuritas. Mulai dari kelebihan, kekurangan hingga sistem sekuritas itu berjalan.

Pilih Sekuritas Offline Atau Online Ini Kelebihan Dan Hal Yang Perlu Anda Simak Terlebih Dahulu
sumber: media.suara.com

Sekuritas Online

Saat ini zamannya sekuritas online. Sekuritas online ini mulai naik karisma di tahun 2006. Awalnya, tidak ada yang yakin dengan transaksi bisnis memakai computer karena argumen keamanan.

BACA JUGA  5 Keuntungan Investasi Saham Online Untuk Pemula

Di sekuritas online, Anda berbisnis dengan memakai computer. Sudah pasti, Anda perlu pahami Bahasa Inggris, dan telah lancar berbisnis karena tidak ada yang menuntun Anda. Banyak yang lebih sukai sekuritas online dibanding offline.

Keuntungannya, Anda bebas dari telephone broker Anda, dan dapat semakin fokus pada tugas Anda atau transaksi bisnis Anda sendiri.

Fee transaksi bisnis di sekuritas online tambah murah dan bebas panduan. Transaksi bisnis dapat dilaksanakan bisa lebih cepat, dan dimanapun, tidak harus di galeri sekuritas.

Anda bisa juga mengawasi gerakan harga saham. Softwarenya umumnya diperlengkapi alat analisis teknikal dasar dengan gratis.

Kerugiannya, tidak ada sekuritas online yang dapat memasangkan order setop loss dan trailing setop. Bila Anda tidak pahami computer alias gagap teknologi (terlebih bila Anda telah 50 tahun ke atas), Anda akan kesusahan menggunakan software dibanding hanya telephone, “Yun, membeli elsip 200 lot saat ini, kelak jual di 8000.”

BACA JUGA  Daftar Saham Sektor Teknologi Indonesia 2021

Sekuritas online riskan salah pengetikan, order 20 lot menjadi 200 lot. Dan sekuritas online umumnya sulit diutang.

Sekuritas Offline

Banyak telah sekuritas yang semula offline pada akhirnya mengupgrade softwarenya hingga ia dapat online. Tetapi masih tetap ada beberapa sekuritas yang tidak sediakan langkah transaksi bisnis memakai internet.

Langkah transaksi bisnis di sekuritas offline ialah Anda harus tiba ke galeri sekuritas berkaitan untuk berbisnis, atau telephone broker Anda. Di sini Anda akan memperoleh servis yang lebih individual, tetapi kadang mahal di panduan.

Keuntungan dari sekuritas offline ialah ada banyak broker yang dapat dititipi pesan untuk setop loss order, dan trailing setop hingga si broker akan mengawasi saham Anda untuk Anda.

Broker umumnya akan rajin menelepon Anda bila ada isu, atau saham Anda bergerak tidak seperti umumnya. Dari sisi keuntungan di atas, rupanya hal sama menjadi rugi , karena tidak seluruhnya broker dibuat sama, tapi semua broker ingin komisi dari nasabahnya, karena itu isu kerap salah, dan jiplakan saham dari broker kerap salah, karena broker itu pun tidak pahami apa yang ia kerjakan. Nasihat broker kadang pun tidak dapat digenggam, contoh, “Membeli BUMI saat harga telah jatuh di 5000.”

BACA JUGA  Resiko Investasi Emas Yang Perlu Diperhatikan