Shiba Inu Cryptocurrency Yang Sedang Meroket Saat ini

Shiba Inu Cryptocurrency Yang Sedang Meroket Saat ini

Shiba Inu Cryptocurrency Yang Sedang Meroket. Berinvestasi dalam aset kripto atau mata uang kripto menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Tidak mengherankan, banyak jenis cryptocurrency baru telah muncul.

Salah satu contoh cryptocurrency baru yang menarik perhatian orang akhir-akhir ini adalah Shiba Inu Coin atau Shiba Inu Coin.

Hal ini dibuktikan dengan kenaikan harga jual koin Shiba Inu belakangan ini. Jadi, apa sebenarnya koin Shiba Inu dan mengapa koin kurang dari satu sen ini begitu populer?

Mengenal Shiba Inu

Shiba Inu Cryptocurrency Yang Sedang Meroket Saat ini
sumber: voi.id

Shiba Inu Coin adalah cryptocurrency yang dibuat oleh seseorang dengan nama samaran Ryoshi pada Agustus 2020.

Shiba Inu adalah token ERC-20 karena beroperasi di jaringan blockchain Ethereum. Menurut whitepaper, Ryoshi memutuskan untuk menjalankan Shiba Inu di Ethereum karena “aman dan mapan.”

Dari segi keterjangkauan, jumlah koin Shiba Inu mencapai 1 triliun atau 1000 triliun. Sebagai perbandingan, Bitcoin, cryptocurrency paling populer di dunia, memiliki persediaan terbatas 21 juta koin.

Tidak seperti altcoin lainnya, istilah cryptocurrency non-bitcoin seperti Dogecoin dapat diterbitkan setiap menit setiap hari, memastikan ketersediaan koin tanpa batas.

BACA JUGA  Komponen Pasar Forex Yang Mendorong Fluktuiasi Harga

Mengenai kepemilikan koin Shiba Inu, Ryoshi mengklaim bahwa dia tidak memiliki koin Shiba Inu.

Namun, hampir setengah dari koin yang tersedia dilaporkan terkunci di kumpulan likuiditas pertukaran desentralisasi (DEX) Uniswap.

Koin yang tersisa dikirim ke salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Menurut dokumen resmi Shiba Inu, Ryo mengirim token ke Buterin dengan harapan dapat menyimpannya.

Sebagai gantinya, Buterin menghapus sebagian besar koin Shiba Inu-nya dan menyumbangkan token SHIB senilai $ 50 triliun ke Dana Bantuan Covid-19 India, yang didirikan oleh pengusaha teknologi India Sandip Nailwal, pada 12 Mei.

Pasokan Koin Shiba Inu

Menurut situs CoinGeko, dari total pasokan 1 triliun, sekitar 549 triliun koin Shiba Inu saat ini beredar dan dapat dijual di seluruh dunia.

Seperti namanya, koin Shiba Inu pasti terinspirasi oleh jenis Shiba Inu Jepang yang paling populer. Selain nama, cryptocurrency juga menggunakan logo berupa gambar anjing Shiba Inu, seperti token meme favorit CEO Tesla Elon Musk Dogecoin.

BACA JUGA  Apa Kontribusi Pemain Saham Atau Trader Untuk Masyarakat? Kita Simak Penjelasannya..

Tidak mengherankan, koin Shiba Inu telah disebut “Doji Coin Assassins” sejak awal, juga dikenal sebagai Doji Coin Assassins.

Saat pertama kali muncul, harga koin Shiba Inu dan SHIB saat itu rendah. Ini karena Shiba Inu hanyalah altcoin baru.

Per 28 Oktober 2021, Shiba Inu memiliki kapitalisasi pasar sebesar $41 miliar (setara dengan Rp581 triliun), menjadikannya cryptocurrency terbesar kesembilan di dunia.

Dogecoin saat ini berada di peringkat 10 sebagai cryptocurrency terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar USD 39,3 miliar (sekitar Rp 557 triliun).

Meskipun kapitalisasi pasar lebih tinggi dari Dogecoin, harga koin Shiba Inu masih sangat rendah, kurang dari satu sen (sekitar Rp 143).

Memecahkan Rekor Harga Tertinggi

Menurut pengamatan Kompas Tekno di situs CoinGeko, Shiba Inu berhasil memecahkan rekor harga tertinggi sepanjang masa sebesar $0,00008616 pada sesi perdagangan hari ini.

Namun, pada saat penulisan, harga koin Shiba Inu telah turun menjadi $ 0,00007721. Pekan lalu, CNBC melaporkan bahwa harga koin Shiba Inu naik lebih dari 111% pada akhir sesi perdagangan.

BACA JUGA  Apa Itu Crypto Vet?

Popularitas Shiba Inu sepertinya tak lepas dari peran CEO Tesla, Elon Musk. Musk sering menaikkan harga cryptocurrency karena tweet di Twitter.

Pada awal Oktober, Musk men-tweet foto anak anjing bernama Floki di dalam mobil Tesla. Foto menunjukkan bahwa anak anjing bertopeng adalah keturunan dari jenis Shiba Inu Jepang yang paling populer.

Dalam cuitannya, Musk sama sekali tidak menyebut keberadaan cryptocurrency Shiba Inu. Namun, koin Shiba Inu memiliki nama dan logo anjing yang sama persis dengan Floki, sehingga harga koin Shiba Inu akan meroket.

Berkat tweet Musk, investor crypto dengan cepat berkumpul untuk membeli koin Shiba Inu ini, dan volume perdagangan koin Shiba Inu tumbuh hingga 770% hanya dalam satu hari.

Selain itu, tweet Musk mencatat bahwa harga Shiba Inu telah meningkat 55% selama 24 jam terakhir mencapai $ 0,00001312 (sekitar Rs 0,1869), sementara kapitalisasi pasar telah melonjak. Koin Shiba Inu bernilai 522 miliar dollar AS atau Rp 74,4 triliun.

#ArtikelAsli